Rombongan Peserta Aksi 112 dari Luar Kota Mulai Merapat ke Istiqlal dan Sekitarnya - FOCUS WORD

Breaking

FOCUS WORD

Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terkini

inembet

Post Top Ad

Post Top Ad

Bolahok88

Jumat, 10 Februari 2017

Rombongan Peserta Aksi 112 dari Luar Kota Mulai Merapat ke Istiqlal dan Sekitarnya

Rombongan peserta aksi 112 dari luar kota mulai berdatangan ke Masjid Istiqlal, Jakarta, yang menjadi tempat ibadah subuh dan zikir massa, besok (11/2).

Suratno, koordinator rombongan dari Solo tiba di Istiqlal subuh tadi sekitar pukul 04.00 WIB dengan menggunakan bus. Mereka berangkat atas nama pribadi tanpa membawa bendera kelompok atau organisasi.

"Teman-teman mau berangkat, lalu dikoordinasi, ada 35 orang," ujar Suratno saat ditemui di dekat pintu Al-Fattah, Masjid Istiqlal, Jumat (10/2).

Suratno mengatakan keikutsertaannya dan peserta lain dari Solo berawal dari informasi di media sosial tentang aksi 11 Februari. Dia mengaku sudah menyerahkan pemberitahuan ke pihak kepolisian di Solo atas kegiatan mereka ke Jakarta.

"Pemberitahuan ke Polsek di Solo kalau warga ada yang ikut ke sini," kata dia.


Suratno mengatakan bakal ada tambahan rombongan dari Solo yang ikut serta, namun dia tidak bisa memastikan jumlahnya.

Koordinator rombongan Cengkareng dan Brebes, Baisah mengklaim rombongannya sudah tiba di Jakarta sejak Minggu (5/2). Ia mengatakan rombongan Cengkareng dan Brebes tidak berkumpul di Masjid Istiqlal, melainkan tersebar ke beberapa masjid yang ada di Menteng, Sunda Kelapa, dan Mangga Dua.

"(Tiba) Dari hari Minggu, dibagi di beberapa masjid. Sudah diatur," kata Baisah.  


Baisah mengantakan rombongan yang tiba dari luar kota akan didata di titik-titik kumpul oleh anggota GNPF MUI guna memastikan identitas mereka, untuk kemudian dikoordinasikan dengan koordinator lapangan. 

Para peserta itu baru akan bergerak dan berkumpul ketika acara dimulai, sementara para koordinator lapangan sudah terlebih dulu bersiap di Masjid Istiqlal. 

"Kumpulnya tidak di sini (agar) bisa difilter, mana penyusup mana bukan," kata Baisah.

Baisah mengatakan peserta akan berkumpul setelah Isya. Kemudian dilanjutkan Tahajud berjamaah tengah malam. Keesokan harinya, lanjut Baisah, salat subuh berjamaah. Ia tidak bisa memastikan pukul berapa acara akan selesai.

Suasana Masjid Istiqlal terbilang lengang, tidak nampak rombongan dengan atribut atau identitas kelompok. Hanya ada perorangan yang ketika ditanya mengaku akan mengikuti aksi 112 sedangkan selebihnya adalah jamaah masjid.

Petugas keamanan masjid, Suyono mengatakan sejauh ini tidak ada laporan dari rombongan yang datang sehingga petugas berinisiatif bertanya. Dari pemantauan Suyono, subuh tadi rombongan dari Solo tiba.

"Mereka enggak lapor, tapi saya tanya, katanya dari Solo, kira-kira 40 orang," kata dia.

Menurut petugas keamanan masjid lainnya, aksi kali ini tidak seramai aksi-aksi sebelumnya. Dalam aksi sebelumnya, biasanya rombongan peserta sudah tiba sejak malam atau subuh. Posko untuk pedataan peserta juga didirikan dan melibatkan Advokat Cinta Tanah Air (ACTA)


sumber : http://www.cnnindonesia.com/nasional/20170210131229-20-192618/rombongan-aksi-112-dari-luar-kota-mulai-merapat-ke-istiqlal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

TOGELHOK88