Fakta racun kalajengking yang ternyata lebih mahal dari pada logam mulia - FOCUS WORD

Breaking

FOCUS WORD

Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terkini

inembet

Post Top Ad

Post Top Ad

Bolahok88

Jumat, 04 Mei 2018

Fakta racun kalajengking yang ternyata lebih mahal dari pada logam mulia



Mungkin kita sering ngeri kalau lihat hewan berbisa sekaligus bercapit ini, namun siapa sangka kalau di balik tampilan menakutkannya ada menfaat luar biasa. Ya, pasalnya diketahui kalau bisa yang sering dianggap berbahaya itu ternyata laku mahal loh. Tak tanggung-tanggung bahkan satu liter dari binatang tak bertulang belakang ini bisa laku sampai Rp 143 Milliar di luar sana.

Benda berbahaya dengan ribuan manfaat di balik bisa kalajengking
Seperti yang diketahui kalau memang bisa kalajengking dihargai mahal di Amerika sana. Menurut Wired.co.uk mengatakan kalau bisa kalajengking juga berguna dalam pengobatan kangker. Hal ini ternyata serupa dengan penelitian Kanker Fred Hutchinson, Universitas Washington dimana bisa kelajengking ke depannya tidak hanya berguna untuk perawatan namun juga penyembuhan sel kanker itu sendiri.



Sedangkan penelitian dari Universitas Maryland pun berhasil memodifikasi jamur dalam racun kalajengking sehingga dapat menyerap sel malaria sekaligus obat penyembuh penyakit itu. Selain itu senyawa dalam racun ini juga bisa digunakan dalam penghilang rasa sakit dalam dunia kedokteran serta penyembuh penyakit tulang heumatoid arthritis dan osteoartritis.


Tantangan dalam membudidayakan kalajengkin yang makin maju
Alasan lain mahalnya racunb kalajengking ini adalah lantaran sedikitnya bisa yang dikeluarkan. Pasalnya satu kalajengkin biasanya hanya mengeluarkan racun sebanyak 5 mikroliter saja. Oleh sebab itu butuh ratusan mungkin ribuan ekor untuk dapat satu liter racun kalajengking. Belum lagi untuk mendapatkan racunnya juga bukan hal sembarangan, pasalnya resiko bahaya tetap saja menanti.

Namun demikian dengan teknologi yang makin maju ini sudah ditemukan berbagai inovasi baru semisal robot untuk mendapatkan racun kalajengking. Misalnya VES-4 salah satu robot khusus yang didesain untuk memerah racun kalajengking secara otomatis serta dalam jumlah banyak.
Beberapa permasalahan mengenai budidaya kalajengking yang bakal ditemui

Fakta mengenai mahalnya racun kalajengking memang benar adanya. Namun demikian bukan berarti tanpa masalah. Pasalnya banyak orang yang belum mengetahui ke mana harus menjual racun dari antropoda ini. Meskipun benar di Amerika sana mahal harganya, namun di daerah mana dan kepada siapa bisa itu dijual masih belum diketahui.

Belum lagi masih banyak masyarakat awam yang tak mengetahui penanganan yang benar masalah mendapatkan bisa binatang yang satu ini. Takutnya bisa saja kita yang kena sengat atau kalajengkin mati lantaran bisanya diambil terlalu banyak. Seandainya ada budidaya kalajengking di Indonesia, umumnya hanya untuk peliharaan saja.



Langkah dari presiden Jokowi dalam mencari inovasi bisnis baru memang patut diacungi jempol. Apalagi idenya memang tidak jarang orang yang menyadarinya sehingga sangat profit. Namun demikian masih kurangnya pengetahuan akan pengolahan  racun kalajengking tentunya harus diselesaikan bersama agar ide usaha dapat segera direalisasikan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

TOGELHOK88