Keberangkatan Ratna Sarumpaet ke Chile Di Biayai Pemprov DKI - FOCUS WORD

Breaking

FOCUS WORD

Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terkini

inembet

Post Top Ad

Post Top Ad

Bolahok88

Kamis, 04 Oktober 2018

Keberangkatan Ratna Sarumpaet ke Chile Di Biayai Pemprov DKI


Ratna Sarumpaet mengklaim dibiayai Pemerintah Daerah (Pemda) DKI Jakarta untuk berangkat ke Santiago, Chile, Kamis (4/10).


"Saya berangkat dibiayai Pemda DKI," kata Ratna saat wawancara ekslusif kepada TV One.

Menurut Ratna, ia akan menghadiri acara 'Woman Playwright International Jakarta'. Tepatnya tahun 2016 lalu, Ratna juga mengaku menjadi pembicara saat acara berskala internasional itu diselenggarakan di Jakarta.

Sebelumnya Ratna mengaku sudah berada di dalam pesawat Turkish Airlines dan kemudian diminta turun oleh petugas Imigrasi. Ratna kemudian ditangkap polisi di Terminal 2B Bandara Soekarno Hatta. Ratna yang mengenakan pakaian abu-abu itu diboyong ke Polda Metro Jaya.

Kemarin, Ratna mengakui telah melakukan kebohongan soal penganiayaan dirinya. Dia meminta maaf kepada semua pihak yang telah dibohongi, termasuk kepada calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Amien Rais.

Prabowo dan Amien memang sempat tertipu oleh Ratna. Keduanya menemui Ratna tak lama setelah mendengar kabar dirinya dianiaya.

Setelah pertemuan, Prabowo menyebut kasus Ratna adalah pelanggaran hak asasi manusia.

Sejumlah politikus terutama dari oposisi juga berkomentar keras atas kabar penganiayaan Ratna. Tak ayal, kabar penganiayaan Ratna ini memicu kehebohan publik nasional.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membenarkan telah membiayai ongkos perjalanan Ratna Sarumpaet ke Chile dengan menggunakan Turkish Airline.

Ratna gagal terbang ke Chile, dan ditangkap pihak imigrasi Bandara karena telah dicekal dan berstatus tersangka pelanggaran UU Informasi dan Transaksi Elektronika (ITE).

Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Asiantoro membenarkan telah membiayai Ratna untuk hadir dalam sebuah seminar bertema perempuan yang dilaksanakan di Santiago, Chile itu.

"Iya (dibantu) dia kan mau lakukan seminar, diundang di sana tuh. Dia ajukan permohonan ke kami, karena layak ya tentu kami bantu," kata Asiantoro saat dihubungi CNNIndonesia.com melalui sambungan telepon, Kamis malam (4/10).

Ratna hendak pergi ke Chile untuk menghadiri acara International Woman Playwright International Conference 2018 yang digelar 7-12 Oktober 2018. Dia hendak menjadi pembicara selaku penasihat senior.

Menurut Asiantoro, Ratna telah mengajukan proposal ke pimpinan. Pimpinan yang dia maksud adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Kata dia, karena Ratna dianggap sebagai seniman yang sudah profesional, pihak Pemprov pun kata dia langsung menyetujui permohonan itu.

Lagi pula, dalih Asiantoro semua seniman berbakat tentu akan diberi bantuan jika mengajukan permohonan. Meski begitu dalam perjalanan ini Ratna nyatanya hanya berangkat sendiri.

"Cuma satu orang (yang berangkat) dia (Ratna) saja. Tapi kami akan berikan bantuan untuk seniman-seniman yang berbakat," kata Asiantoro berdalih.

Meski begitu Asiantoro tak mau menyebut berapa nominal dana yang digelontorkan Pemprov untuk membantu biaya perjalanan Ratna Sarumpaet.

"Kami membantu yang memang berbakat dan layak, Bu Ratna di sana jadi pembicara katanya," katanya.

sumber : www.cnnindonesia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

TOGELHOK88